http://www.erci-bali.or.id

[TIPS&TRIK] Proses Bikin Duplikat Kunci Immobilizer

Kunci jenis immobilizer merupakan sebuah sistem keamanan pada mobil, yang terintegrasi dengan ECU (electronic control unit) mobil. Berbeda dengan kunci biasa, immobilizer dilengkapi microchip yang telah diprogram agar bisa dikenali ECU. Jika ECU mampu membaca microchip tersebut, maka ECU akan mengirimkan sinyal penyalaan mesin mobil, tapi jika mikrochip tidak dikenali ECU, maka mesin mobilpun tidak dapat hidup.
Penggunaan immobilizer tujuannya tentu meminimalisir potensi pencurian kendaraan bermotor. Tapi celakanya jika Anda kehilangan kunci immobilizer tentu Anda tidak bisa menyalakan mesin mobil Anda. Lalu bagaimana solusinya?
Pihak Agen Pemegang Merek (APM) melalui seluruh jaringan diler resminya rupanya sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut. Syaratnya cukup mudah tinggal membawa fotocopy STNK, BPKB dan KTP pemilik mobil harus dibawa saat mengajukan permohonan peng­ajuan kunci duplikat immobilizer. Kelengkapan dokumen ini untuk memastikan kendaraan yang dimaksud bukan hasil curian.

Untuk membuat duplikasi immobilizer pihak bengkel resmi menerapkan langkah-langkah yang cukup beragam baik jika yang hilang satu saja atau jika kunci cadangan juga ikut hilang. Namun pada dasarnya, proses duplikasi ini dilakukan mulai dari menyediakan blank key baru, proses kikir anak kunci sesuai lock set, re-program modul kunci di ECU, hingga kemungkinan mengganti modul kunci pada ECU dengan modul yang baru.
Proses penggantian kunci immobilizer di tiap-tiap diler resmi akan memakan waktu 2 jam hingga satu hari, jika key blank, lock set, maupun modul smart key pada ECU yang dimaksud tersedia. “Kalau mobil-mobil yang masih CBU biasanya harus inden dulu 1-2 minggu,” tambah Rudi Hartono, Foreman Mekanik Hyundai Kalimalang.
Biaya yang dipatok juga beragam, mulai dari Rp 400-an ribu sampai Rp 7 jutaan, semua tergantung apakah satu atau dua kunci yang diganti, serta model mobil dari kunci yang akan dibuat duplikatnya tersebut.



Keterangan
*   : Untuk mobil Jepang (Toyota, Honda, Suzuki) bisa menggunakan fotocopy.
**  : Untuk Honda dan Suzuki ada proses penggantian Lock Set, sementara Toyota mengganti modul key ECU
*** : Untuk mobil Eropa (Mercedes- Benz, BMW, Volvo) biaya Rp 4-7 juta, untuk Honda dan Suzuki Rp 1,5 – 2,5 juta, Toyota Rp 4 – 8 juta, Ford dan Chevrolet Rp 4 – 5 juta. Harga itu belum termasuk biaya jasa.
Jika part tersedia proses duplikasi bisa langsung dikerjakan 1 hari, tetapi kalau part harus inden maka proses duplikasi dikerjakan 2 minggu kemudian.(Autobild)
Share:

2 komentar:

  1. Saya baru buat duplicate kunci saya yang hilang untuk ertiga gx di top motor suzuki jimbaran, biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut ; harga kuncu Rp 850,000,- + Biaya registrasi kunci baru dan lama ( 2 pcs) Rp 750,000 dan biaya pasang Rp 75000,-

    Demikian saya sampaikan

    BalasHapus

Hubungi Kami

DIVISI HUMAS
I Gusti Putu Mahaindra Yasa
HOTLINE :
Tri : 08964638 2555
Indosat : 08573741 2555
XL : 08787658 2555
Telkomsel : 08521638 2555
PIN BB : D4D429C4
Email :
info@erci-bali.or.id
======================

Sekretariat Erci Bali
>> WARUNG CINTA <<
Jalan Puputan Renon, Denpasar - Bali 80000
Telp : 089683515789

Diberdayakan oleh Blogger.